HOME | | ABOUT ME | | MUSIC |

BIM

Jumat, 04 Maret 2011

Apa Itu Perbedaan Kepribadian, Watak Dan Tabiat Secara Umum

Secara umum kata-kata di atas mengandung pengertian yang sering tumpang tindih atau dipergunakan secara tertukar sehingga dipadang perlu untuk sebagai berikut.

- Kepribadian ???
- Watak ???
- Tabiat ???

 Kepribadian atau juga disebut Personalitas, sebagaimana dikemukakan di atas bahwa salah satu pengertian kepribadian adalah bagaimana individu tampil dan menimbulkan kesan bagi individu lain atau suatu organisasi yang dinamis dari sistem psikofisik individu yang mentukan tingkah laku dan pemikiran individu secara khas sehingga ia dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. ( allport, 1951). Ada pengertian populer yang menyebutkan kepribadian adalah Kualitas seseorang yang menyebabkan ia disenangi atau tidak di senagi oleh orang lain.

 Watak atau juga disebut Karakter, secara umum wata adalah kepribadian yang dipengaruhi oleg motivasi yang menggerakan kemauan sehingga orang tersebut bertindak. Jadi, dimaksudkan bahwa kepribadian seseorang menunjukan tindakan akibat kemauan yang teguh dan kukuh maka ia dinamakan seorang yang berwatak atau sebaliknya.


Tabiat atau juga disebut Temperamen, Tabiat adalah kepribadian yang lebih bergantung pada keadaan badaniah. Secara singkat dapat dikatakan bahwa tabiat adalah konstitusi kejiwaan. Pengertian temperamen dan kepribadian sering juga dipergunakan secara tertukar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut